Tuesday 8 May 2018

Tempat wisata Pantai yang tersembunyi di Banda Naira Kabupaten Maluku Tengah

      Ya,,,, berbicara tentang keindahan dengan pantainya Kecamatan Banda Naira kab.Maluku tengah, Tidak kalah dengan daerah – daerah lainnya bukan saja dikenal dengan situs sejarahnya tapi juga keindahan wisata pantainya. Disini saya akan menberitahukan kepada pembaca bahwa ada beberapa pantai tempat wisata  yang saat ini banyak dikunjungi turis lokal dan juga masyarakat banda naira sering juga berlibur ketempat wisata  pantai – pantai tersebut.

Tempat Wisata ini bukan tempat-tempat yang suda banyak di ketahui contonya pantai Malole, pantai Sembahyang , Skaru Pulau Ai, Wisata Patai Pulau Hatta, Tanjung Seram Pulau Pisang, Pantai Wali  dan tempat wisata lainya di banda naira.
     
     Tetapi Berbicara tentang tempat wisata pantai banyak sekali pantai-pantai di indonesia yang tidak di ketahui terkhususnya banda naira, karena tidak ada yang mengetahui khususnya turis asing dan juga turis lokal, makanya saat inilah saya mengambil insiatif untuk memberitahukan kepada kalian pantai-pantai yang saat ini menjadi idola  masyarakat di tempat tersebut yang tersembunyi.

Empat Tempat wisata pantai yang tersembunyi di kepulauan Banda Naira Diantaranya:

  1. Tempat wisata, Pantai Waisamar
       Saya mengenalkan kepada anda pantai waisamar, ya pantai waisamar pantai yang dulunya tidak banyak orang yang mengunjunginya karena banyak yang tidak tau,  dan karna kurang dikunjungi pantai waisamar tidak terawat.
Pantai waisamar terdapat di suatu desa administratif Boiyauw  kecamatan banda naira, jarak untuk menuju ke sana dari perkampungan  ± 1000 M dan untuk menuju ke sana harus fisik baik dan fit karna untuk ke sana kita harus memanjat bukit ( biasa masyarakat banda menyebut dengan Naik Gunung ) dan dalam perjalanan di sekeliling kita banyak tanaman pohon pala dan pohon kenari. Ya hitung-hitung bisa di abadikan momen ya kan hehe...!!
        Namun akhir-akhir ini banyak yang menggunjungi khususnya turis lokal dan masyarakat dari desa-desa seberang pulau. pantai waisamar mulai banyak yang mengunjungi. tempat ini mulai ramai dikunjungi dari  tahun 2017 – sekarang.
Dan yang membuat saya ingin memberitahukan tempat ini, karna tempat ini sekarang banyak yang  mengunjungi itu anak – anak ABG yang mana setiap hari libur khususnya pada hari minggu anak-anak ABG berbondong-bondong untuk pergi ke pantai waisamar.
         Saya perna bertanya kepada dua orang anak Abg yang membuat mereka setiap hari minggu selalu ke pantai waisamar itu kenapa..? Jawaban mereka itu karna mereka baru menggetahui ada tempat yang bagus untuk mereka bersantai dan berfoto-foto, tempat itu terdapat di pantai waisamar. Karena saya tinggal di desa boiyauw saya tau yang mereka maksud itu biasa masyarakat desa menyebut  dengan tanjong merdeka.
Tanjong merdeka adalah suatu bukit karang yang di atasnya sangat indah, jika kalian penasaran atau tidak percaya kalian boleh langsung saja kunjungi tempatnya, bagi kalian yang ingin berlibur ke banda naira datanglah ke pantai waisamar.








 Gambar  : hasil foto saya di pantai waisamar














       
Adapun Rencananya pantai waisamar akan di jadikan tempat wisata oleh kepala Desa Administratif Boiyauw yaitu Bpk.Ahyar Renyaan  untuk menambah penghasilan pendapatan Desa sebagai desa mandiri. Dan akan di buat jalan khusus kendaraan bermotor. Agar bisa langsung ke tempat tersebut, dan juga direncanakan membangun fila-fila kecil di pesisir pantai tersebut untuk para turis. 


   2. Tempat Wisata,pantai batu Indang

          Pantai yang satu ini juga terdapat di kecamatan  Banda naira , tempat wisata ini juga tidak banyak yang mengetahuinya, dan tidak banyak yang mengunjungi pantai tersebut.
Pantai yang memiliki keindahan batu indangnya ini sayang tidak banyak yang mengetahui , untuk itu saya ingin memberitahukan kepada kalian para pembaca.
            Pantai batu Indang terdapat di kampung  Tutra  , Desa Adminitratif Uring kec. Banda Naira. Kab.Maluku Tengah. Jarak menuju ketempat itu dari perkampungan ± 150 M tidak begitu jauh dari perkampungan. Dan pastinya para pencinta jalan-jalan akan menikmati perjalananya karna suasananya yang nyaman dan sejuk. Ya sekilas info wisata pada pantai tutra yang di kenal dengan pantai Batu Indang. Bagi yang penasaran datanglah berkunjung ke pantai Batu indang pasti asik loh.

B612-2016-02-15-12-08-16

Gambar : hasil foto saya di pantai Batu Indang


   3. Tempat Wisata, Pantai Nama 

        Pantai nama dari namanya saja pasti para pembaca bingung kok ada pantai yang Nama memang Namanya hehehe...!!
Yaa.. Pantai nama adalah pantai yang sangat indah dan sangat bagus, tak kalah dengan pantai-pantai yang lainnya . pantai nama tersebut terdapat di Desa Adat Lonhoir Kec. Banda Naira Kab,Maluku Tengah. Jarak untuk ke pantai tersebut ± 1500 M . dan perjalanan untuk ke sana kita di hadapkan dengan Hutan , tetapi hutannya gak rimba hehe,....!! pasti kalian senang deeh.... hitung-itung petualangan kan.
         Untuk ke pantai nama untuk sekarang kalian bisa menyewa atau menggunakan motor ojek loh... ya kalau kalian mau cepat-cepat sampai. Harga untuk naik ojek ke sana hanya Rp. 50.000-100.000 dari pangkalan ojek tergantung ojeknya juga sih yang duitan atau gak duitan heheh...
Dan dari desa ke tempat tersebut dengan harga Rp.25.000-30.000 pokoknya walaupun uang keluar sedikit kalian gak bakalan nyesal ke pantai nama ini. Atau kalau gak mau rugi kamu bisa jalan kaki apalagi sama teman-teman atau keluarga kan lebih asik kan.
Ya.. sekilas mengenai pantai nama semoga kalian para pembaca berminat ke pantai nama ini.

16730523_329586934103124_5328687045945743513_n16807493_329585540769930_3908329504413106252_n
Gambar : hasil foto saya di pantai nama


  4. Tempat Wisata Pantai belakang selamon

            Pantai yang satu ini juga tak kalah bagusnya dengan airnya yang jerni menjadi ciri khas pantai tersebut. Pantai belakang selamon kini menjadi tempat perayaan memperingati hari lebaran/hari raya idul fitri , yang di laksanakan oleh seluru masyarakat selamon dan penduduk desa-desa lain untuk merayakan hari  ke 4  lebaran atau hari raya idul fitri di pantai belakang selamon.
            Wisata Pantai belakang selamon terdapat di Desa adat Selamon kec.Banda Naira Kab. Maluku tengah. Yang jaraknya ± 50 M dari Desa  adat selamon. Rencananya pantai belakang selamon akan di jadikan pantai budaya desa selamon dan meraut hasil dari para pengunjung yang datang di pantai belakang selamon .
Yaa.. hitung-itung buat beramal bagi para pengunjung, bagi yang mau datang ke pantai selamon cepat-cepatlah bergegas sebelum masuk gak gratis lagi hehehe,,..!!
Mungkin ini saja sekilas info pantai selamon, mari berkunjung...!!

            Oke inilah ke 4 pantai yang tersembunyi di Kecamatan banda naira Kabupaten maluku tengah, yang mungkin sebagian besar kalian belum mengetahuinya semogah dengan artikel ini dapat membantu kalian para pembaca untuk saling menengok daerah-daerah terpencil seperti Banda Naira .
Memang,,,!! siapa bilang pantai hanya di banda naira saja yang bagus, banyak kok pantai-pantai di indonesia yang bagus-bagus, tetapi ada hikayat manis menyatakan.

Beragam itu indah, Yang indah itu harus dijaga
“Kita beragam tapi kita satu, satu di indonesia”
“Lebih indah bila kita, menengok sodara kita”
“sodara setanah, air tercinta”

Mungkin ini yang bisa saya berikan kepada para peminat dan pembaca
Terimakasi bagi yang suda mau membaca artikel saya.

                                                                                                    Salam hormat,
                                                                                                  Arya Unmehopa

 

No comments:

Post a Comment

silakan untuk anda berkomentar

Pesta Rakyat Kecamatan Banda Neira tahun 2018

Pesta Rakyat Banda Neira       Kali ini saya akan bercerita tentang pesta Rakya Banda Neira. Nah.. dalam rangka menyongsong Pesta R...