Thursday 31 May 2018

Pemanfaatan Kekayaan Sumber Daya Alam di Kecamatan Banda Neira



Berdasarkan kenyataan sejarahnya, Indonesia memiliki kekayaan yang berlipat ganda berkaitan dengan Sumber Daya Alamnya. Karena Indonesa di kenal degan Negara kesatua yang  terdiri dari gugusan Pulau-pulau dan juga sebagai penghasil Rempah-rempah.

Tetapi kali ini terkhususnya saya memberitahukan kepada kalian kekayaan Sumber Daya Alam Banda Naira yang dulunya dalam sejarahnya menjadi incaran dunia. 

Ada beberapa  penghasilan Sumber Daya Alam yang di dapatkan oleh  penduduk Banda Naira diantaranya yang lebih terkenal adalah:

  • ·         Penghasilan Daratan (Rempah-rempah).
1.      Penghasilan dari pekebunan Pala dan buah Kenari
  • ·         Penghasilan Lautan
1.      Penghasilan yang di dapat dari Ikan Cakalang 
 
Tetapi dalam Artikel ini saya lebih cenderung memberitahukan kepada kalian bahwa Sumber Daya Alam Rempah –Rempah yang dulu menjadi incaran para penjajah di Banda Naira Yaitu Buah Pala (bijinya) yang kini di manfaatkan masyarakat setempat dengan baik.


Kebiasan Penduduk di Banda Naira menjadikan Buah Palah sebagai penghasilan pertama dalam Kehidupan mereka. Karena buah Palah  dapat dimanfaatkan  oleh Masyarakat Banda Naira dari Kulit buahnya sampai pada biji Buah palanya. Dari banyak kegunaan dari buah Pala itu Masyarakat Banda Naira Berlomba-Lomba mengarap Lahan untuk menanam Pohon Pala. Dan sekarang banyak Masyarakat Banda yang memiliki perkebunan hasil garapannya yang mana tidak di kenakan Sasi dan dapat mencukupi kehidupan mereka.




Berkaitan dengan permasalahanEkonomi penduduk di Kecamatan Banda Naira mukin tidak semua memiliki kehidupan Ekonomi yang cukup. Tetapi karena dukugan Alam sekeliling Masyarakat setempat merasa cukup.  Kecukupan yang mereka rasakan dari hasil keringat mereka sendir, maka dari itu ketika suatu masalah yang mereka rasakan membatasi kehidupan mereka, maka tidak segan-segan masyarakat setempat membantahnya.
Karna kenapa..? karena Masyarakat sudah sangat  bergantung denga Alam, suda berbaur dengan Alam yang di ciptakan oleh Sang Maha Kuasa, yang telah mencukupi kebutuhan mereka walaupun harus dengan usaha dan proses yang sedikit memakan waktu. Dari kesabaran semangat meraih kehidupan  itulah masyarakat Banda bisa di katakan pekerja keras.


Dari pemanfaatan SDA  kini masyarakat banda menciptakan berbagai makanan dan minuman Khas Banda Naira diantaranya:

§ . 1.  Manisan Pala Banda

Manisan Banda, saya akan memberitahukan rinci singkat apa itu sih manisan pala banda, dan terbuat dari apa, dan rasanya bagaiman.? Nah ..Manisan Buah Pala Banda itu dibuat dari buah palah tersebut, mengenai rasanya itu asam-asam manis, dan manisan pala banda juga terdiri dari dua jenis manisan palah banda kering dan basa. 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivEkErNURCHN4t7Etz3S2zfk9nZMss3hJYsszZYf-sR5AKmewZjDhKPqWkhDXw9w04msTKE43oa0OyTmU2pnTHeynkiUBUUOlgwIfkofosAe2KzOVvAp2j6TATN2y4Mq2gipKwX6-AVsVI/s1600/Manisan_Pala_1kg.jpg
Manisan Pala Kering

https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwi29JrLsK_bAhVWWX0KHWmBDIoQjRx6BAgBEAU&url=http%3A%2F%2Fgogopixlibrary.com%2Fbuah%2Bpala%2Bin%2Benglish&psig=AOvVaw0wKYeDxzAiTR0U8gUj8o29&ust=1527835047242365
Manisan Pala Basah

§  2. Salei Pala Banda

Salei pala banda , yaitu sutu olahan masyarakat Banda  dari buah pala yang di haluskan hinga seperti salei pada umumnya.

https://www.google.com/search?q=selai+pala+banda&client=firefox-b&tbm=isch&source=iu&ictx=1&fir=x_4ruiQMMPT5vM%253A%252CYtFleB7VGQEBfM%252C_&usg=__fhHUzR8JFFH4fUMKVfMwlhOF14M%3D&sa=X&ved=0ahUKEwiGk8Cctq_bAhVGWH0KHUmbBQ4Q9QEILDAB&biw=1366&bih=636#imgrc=x_4ruiQMMPT5vM:
salei buah pala

§ 3. Sirup Pala Banda

Mengenai sirup, pasti kalian suda tau apa itu sirup. Iya kan...!! jadi saya hanya tambahkan saja sirup yang di buat dari palah banda. 
Sirup Pala

§ 4.  Halua Kenari

Kalu yang ini terbuat dari enari dan gula merah, cemilan ini yang juga jadi hidangan para pendatang yang berkunjung di Banda Naira.
Halua Kenari

§  5. Ikan Asin Cakalang Banda.

Ikan Asin atau biasanya Masyarakat Banda menyebutnya dengan Ikan Garam cakalng , ini juga merupakan hasil olahan masyarakat banda. Yang bisa di konsumsi oleh masyarakat banda dan juga di perdagangkan.
Ikan Cakalang Asin

§  6. Bakasang

Nah .. kalau yang ini pastinya kalian bakalan penasaran, pastinya kalian bertanya-tanya apa sih itu Bakasang, terus makanan seperti apa itu,,?
Bakasang merupakan juga olahan masyarakat banda dari Daging ikan dan di cincang/ potong-potong hinga sampai halus, kemudian di masukan kedalam botol dan di jemur, biasanya masyarakat banda mengunakan Bakasang untuk makan sama kulit pala mentah , biasa orng banda sebut dengan Baraci.dan juga di gunakan untuk sabal tumis.
https://www.google.com/url?sa=i&source=images&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahUKEwiHj-bQua_bAhXCdH0KHRDSBAgQjRx6BAgBEAU&url=http%3A%2F%2Fsakurafish.blogspot.com%2F2011%2F04%2F&psig=AOvVaw0T9yP9_Eq22nqb0ncNGnCo&ust=1527838879156102

Bakasang

 Nah...Inilah semua hasil olahan Masyarakat Banda Naira untuk menambah perekonomian kehidupan mereka.

Ya.. Kalu membahas Kecamatan Banda Naira, saya pasti akan terbawa suasanah, karena kenapa..? karena saya lahir dan Tumbuh Besar di Kecamatan Banda Naira.!! Terkhususnya Desa Administratif Boiyauw. Pastinya saya tau kehidupan sosial di Banda Naira.
Nah...  sekian penjelasan saya tentang pemanfaatan SDA di kepulauan Banda Naira oleh masyarakat setempat semoga bermanfaat.
 




 
 
 

No comments:

Post a Comment

silakan untuk anda berkomentar

Pesta Rakyat Kecamatan Banda Neira tahun 2018

Pesta Rakyat Banda Neira       Kali ini saya akan bercerita tentang pesta Rakya Banda Neira. Nah.. dalam rangka menyongsong Pesta R...