Friday 25 May 2018

CARA MUDAH MEMBUAT DESAIN FONT SENDIRI

 Langkah-langka untuk membuat Font Sederhana
Untuk kalian yang baru  ingin membuat font  dengan kreatif kalian sendiri.
Caranya mudah sekali, kali ini saya akan memberitahukan kalian betapah mudahnya membuat font sendiri.
Saya akan memberitahukan langka-lngkanya untuk kalian untuk itu baca terus samapi selesai inilah langka-langkanya:
a.       Membuat sketsa huruf untuk font kalian
Untuk membuat sketsa huruf  kalian bisa langsung membuatnya sesuai keiginan kalian dengan menyiapkan alat-alat diantaranya:
  1. Lembaran kertas kosong secukupnya 
  2. Satu buah pensil 
  3. Satu buah spidol 
Nah, setelah kalian menyiapkan alat-alat yang saya sebutkan kalian bisa langasung mulai membuat sketsa hurufnya, seperti contoh dibawah ini: 


 
Setelah selesai membuatnya, kalian harus mendwonload kalligrafi untuk font kalian. Nah.. cara mendownloadnya kalian bisa langsung kunjungi link ini http://calligraphr.com untuk mendownload kaligrafhi seperti contoh di bawah ini:




















S setelah mendwonloadnya, kalian bisa langsung membuat font kalian dengan cara:

  1. Sketsa huruf yang kalian buat untuk mengedit di photoshop nantinya, pertama-tama  kalian harus scan atau foto sketsa huruf tersebut.
Setelah scan atau foto, kalian bisa langsung membuka fhotoshop kalian setelah itu kalian langsung memasukan kaligrafi dan foto sketsa huruf yang kalian buat dengan cara tekan CTRL + O untuk memasukan foto sketsa huruf  dan kaligrafi yang kalian download.




2. Kalian mengeditnya perlahan, huruf yang kalian buat itu satu per satu, untuk mengedit atau     memotong hurufnya kalian bisa mengunakan Polygonal Lasso Tool .






  











Kalian potong huruf perlahan-lahan saja, dan santai saja dalam mengedit agar  huruf yang kalian buat itu bagus, dan setelah memotong huruf mengunakan Polygonal Lasso Tool kalian klik tombol CTRL+J untuk mengcopi layer, setelah itu memasukan huruf yang suda di potong ke layer calligrafi. Kemudian lanjutkan tahap berikutnya kalian klik CTRL+L untuk mengimput level agar terlihat jelas hurufnya dan setelah itu kalian klik CTRL + Layer huruf dan Pilih menu select setelah itu pilih color range, kemudian sampled colors kalian pilih shadows.

Kemudian setelah itu kalian klik lagi CTRL+J untuk mengcopi layer yang kalian suda edit , setelah layer tercopi kalian bisa menghapus layer yang aslinya dan akan terlihat jelas hurufnya. Setelah itu langka berikutnya kalian mengatur hurufnya pada kolom di calligrafi sesuai abzat hurufnya. Dan untuk menyesuaikannya kalian bisa melihat pada kolom abzad huruf pada layer calligrafi terdapat garis di dalam kolomnya. Untuk menyesuaikan kalian klik CTRL+T dan menyesuaikannya. Kemudian lakukan hal yang sama pada huruf-huruf berikutnya.

  

Kalau masih bingung dengan penjelasan diatas kalian bisa menonton video di bawah ini:
  
 


Setelah semua huruf font  suda di sesuaikan pada layer Caligrafi kalian menyimpanya dan untuk menyimpanya kalian pilih menu file dan pilih Save As.
Kemudian kalian lihat hasil huruf font kalian yang suda kalian masukan ke calligraphr dan sudah kalian simpan:

 



Nah..  gampangkan cara buatnya kalian bisa kembangkan kreatifitas kalian membuat font ciptakanlah font-font yang berkualitas. Hasil buatan kalian sendiri.
Mungkin ini saja yang bisa saya berikan kepada kalian yang mana saya juga baru belajar membuatnya dan trimakasi kepada pihak-pihak yang telah membantu mengajarkan kepada saya. 

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian.

 



No comments:

Post a Comment

silakan untuk anda berkomentar

Pesta Rakyat Kecamatan Banda Neira tahun 2018

Pesta Rakyat Banda Neira       Kali ini saya akan bercerita tentang pesta Rakya Banda Neira. Nah.. dalam rangka menyongsong Pesta R...